Artikel

Nikmat Ramadhan di Tengah Corona

Kita harus Iebih bersyukur, karena kita masih dipertemukan dengan Ramadan 1441 Hijriyan ini, dalam keadaan sehat. Dan kita (lnshaa Allah) bisa melaksanakan ibadah ramadan dengan penuh hikmah.

Ramadan 1441 Hijriyah kali ini memang beda, karena suasana dunia secara global sedang diselimuti oleh rasa ketakutan dan sedih. Dunia sedang dilanda pandemi global oleh penyakit yang biasanya kita sepelekan, penyakit ‘flu’. Namun kali ini jenis virusnya baru dan tentu saja sifat dan daya serangnya berbeda.

Jenis virus Corona yang sebenarnya keluarga virus ini sudah ada sejak dahulu. Karena baru ditemukan pada tahun 2019, dinamakan Corona Virus Diseases 2079 atau sering disebut Covid-19. Karena jenis baru, maka belum ada obatnya dan belum ada penangkalnya. Dan sifat virus ini sangat ganas dan mematikan.

Namun kita tidak boleh hanyut oleh kondisi yang demikian. Kita harus menyambut hadirnya ramadan 1441 Hijriyah dengan gembira dan penuh semangat ibadah. Namun kita harus selalu dan tetap waspada terhadap rambu yang diberikan pemerintah, khususnya yang terkait dengan kesehatan agar bisa memutus rantai penularan dan penyebabaran yang sampai saat ini masih cenderung meluas serta belum ada tanda menurun.

Salah satu hikmah yang kita petik di bulan ramadan ini adalah dengan Iebih memperhatikan dan memilih kandungan gizi pada makanan yang kita konsumsi. Kita harus memilih makanan yang bersih tidak terkintaminasi kuman atau virus. Begitu juga harus Iebih mengutamakan makanan dengan kandungan gizi yang kita perlukan untuk menangkal penyakit ini, misal makanan yang kandungan vitamin B, C, D, E serta mineral tertentu agar stamina kita Iebih terjaga.

Sebenarnya semua itu sudah dipesankan Allah SWT kepada kita dalam 08 AI Baqoroh 2:168 “Wahai manusia, makan/ah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi

Manusia diperintahkan untuk memperoleh makanan secara halal, dan memilih yang baik. Disini sudah jeIas, sebagai muslim kita wajib mencari nafkah dan memperoleh makanan yang halal, apalagi di bulan ramadan ini.

Kita sedang diuji Allah SWT dengan sedikit kesulitan mencari makanan, karena situasi saat ini sedang ada anjuran mengurangi atau tidak keluar rumah serta minimnya bahan makanan, malah di beberapa tempat terkesan berebut, sehingga kita tidak perlu tergoda untuk melakukan cara yang tidak dibenarkan untuk memperoleh makanan.

Yang kedua, agar stamina kita dalam keadaan puasa terap terjaga, harus memilih dan memprioritaskan makanan yang kandungan gizinya mempertahankan serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan Covid-19 yang sangat ganas. lnshaa Allah dalam melaksanakan ibadah ramadan kali ini kita lebih diberi kekuatan Allah dalam melaksanakan, karena telah melaksanakan perintahNya untuk memilih makanan yang baik kualitasnya penuh gizi yang kita perlukan.

Itulah beberapa hikmah Ramadan 1441 Hijriyah ini yang bisa kita petik di ‘era’ pandemi global Covid-19 saat ini.

Kita harus tetap melaksanakan ibadah ramadan, namun kita juga harus memperhatikan dan membantu memutus rantai penularan Covid-19 ini dengan tinggal di rumah, menghindari berkumpul, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, memakai masker, menghindari tempat umum.

Dengan berperan memutus rantai penularan dan penyebaran, Inshaa Allah akan tercatat pula sebagai ibadah di bulan ramadan penuh berkah ini.

Selamat menunaikan ibadah Ramadan 1441 Hijriyah. Semoga kita selalu sehat.

Related posts

Cara Islami Mengatasi Depresi

Dimas Cokro Pamungkas

Gudo, Barometer Kerukunaan Antar Umat beragama di Jombang

Dimas Cokro Pamungkas

Perselingkuhan: Hukumnya dalam Islam

Dimas Cokro Pamungkas

Leave a Comment